Menulis Resensi

Menulis Resensi

Ulasan buku merupakan gambaran sekaligus evaluasi terhadap suatu buku. Sebuah ulasan harus berfokus pada tujuan, kandungan, dan otoritas buku.

Pemindahan (Scanning) Halaman Awal Buku
Sebelum mulai membaca, perhatikan hal-hal berikut:

  1. Judul – Apa yang tersirat dari judul buku itu?
  2. Kata Pengantar – Memberikan informasi penting tentang tujuan pengarang menulis buku tersebut dan membantu Anda menakar keberhasilan karyanya itu.
  3. Daftar Isi – Memberi tahu Anda tentang pengorganisasian buku tersebut yang akan membantu kita dalam melihat gagasan utama pengarang dan bagaimana alur pengembangannya secara kronologis, berdasarkan topik, dan sebagainya.

Bacalah Isinya
Catat kesan-kesan yang Anda dapatkan saat membaca buku yang akan
Anda ulas, dan perhatikan bagian-bagian yang patut dikutip.
Pertimbangkan juga pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Apa bidang kajian dan bagaimana buku itu bisa dikelompokkan ke dalamnya? (Jika perlu, gunakan sumber lain agar Anda lebih akrab dengan bidang kajian tersebut.)
  2. Dari sudut pandang mana buku itu ditulis?
  3. Bagaimana gaya penulisan si pengarang? Formal atau informal? Sesuaikah dengan target pembaca? Jika ini karya fiksi, teknik menulis apa yang dipakai pengarang?
  4. Apakah konsepnya didefinisikan secara jelas? Bagaimana penulis mengembangkan gagasannya? Bidang apa yang tercakup/tidak tercakup di dalamnya? Kenapa demikian? Hal-hal seperti inilah yang akan membantu dalam membangun otoritas sebuah buku.
  5. Jika buku tersebut adalah karya fiksi, buat catatan mengenai unsur-unsur seperti penokohan, plot, setting, dan bagaimana keterkaitan semua unsur tersebut dengan tema buku. Bagaimana cara pengarang menggambarkan tokoh-tokohnya? Bagaimana pengembangannya? Bagaimana struktur plotnya?
  6. Seberapa akurat informasi dalam buku itu? Bandingkan dengan sumber lain, jika perlu.
  7. Jika relevan, buat catatan mengenai format buku, tata letak, penjilidan, tipografi, dan lain-lain. Apakah ada peta, ilustrasi? Apakah gambar-gambar itu dapat membantu pemahaman pembaca?
  8. Periksa halaman-halaman belakang. Apakah indeksnya akurat? Sumber apa yang dipergunakan? primer atau sekunder? Bagaimana pemanfaatannya? Catat jika ada kelalaian-kelalaian yang bisa mengganggu.
  9. Terakhir, sejauh mana prestasi buku itu? Apakah masih diperlukan karya selanjutnya? Bandingkan buku itu dengan buku lain dari pengarang yang sama atau berbeda. (Gunakan daftar pustaka.)

Rujukan kepada Sumber Tambahan
Berusahalah menemukan informasi lebih jauh tentang si pengarang; reputasi, kualifikasi, pengaruh, dan informasi apa pun yang relevan dengan buku yang sedang Anda ulas dan yang akan membantu dalam membangun otoritas si pengarang. Pengetahuan tentang periode kesusasteraan dan teori-teori kritik sastra juga sangat berguna bagi ulasan Anda. Mintalah saran mengenai sumber yang bisa Anda pergunakan kepada orang yang menguasai tema buku itu dan/atau pustakawan rujukan.

Persiapkan Kerangka Tulisan
Sekarang, cermatilah catatan Anda, berusahalah untuk menyatukan kesan-kesan Anda menjadi sebuah pernyataan atau tesis yang dapat menggambarkan tujuan dari ulasan yang sedang Anda buat. Kemudian, buat kerangka argumen yang mendukung tesis Anda. Argumen tersebut berguna untuk mengembangkan dan membuat supaya tesis Anda menjadi logis.

Buat Draf Tulisan Resensi
Amati kembali catatan Anda. Kemudian, dengan menggunakan kerangka tadi sebagai panduan sambil merujuk kepada catatan lain jika perlu, mulailah menulis. Ulasan buku Anda harus meliputi:

  1. Informasi Awal – Kutipan bibliografis lengkap dari buku tersebut, yaitu judul lengkap, nama penulis, tempat terbit, penerbit, tahun terbit, edisi, jumlah halaman, tambahan khusus (peta, gambar/halaman berwarna, dan sebagainya), harga, dan ISBN.
    Contoh: Rory Maclean
    Under the Dragon
    Travels in a betrayed land
    London: Harper Collins, 1998
    224 hh. $37,50
    0 00 257013 0
  2. Pembukaan – Berusahalah memikat perhatian pembaca dengan kalimat pembuka Anda. Pembukaan ini harus menyatakan tesis utama, dan menentukan nada ulasan Anda.
  3. Pengembangan – Kembangkan tesis Anda dengan menggunakan argumen pendukung sebagaimana yang tersusun pada kerangka tulisan Anda. Gunakan deskripsi, evaluasi, dan jika mungkin penjelasan tentang alasan pengarang menulis buku itu. Cantumkan kutipan untuk menggambarkan poin-poin penting atau sesuatu yang ganjil.
  4. Kesimpulan – Apabila tesis Anda telah dikemukakan dengan baik, suatu kesimpulan akan mengikuti dengan sendirinya. Kesimpulan ini dapat berisi pernyataan terakhir atau sekadar mengulang tesis Anda. Jangan mengedepankan hal baru di sini.

Perbaiki Draf Anda

  1. Beri jeda waktu yang cukup sebelum Anda memeriksa ulang ulasan Anda, untuk memberi kesempatan bagi perspektif baru.
  2. Dengan hati-hati bacalah naskah itu secara menyeluruh, periksa kejelasan dan pertalian antarbagian.
  3. Perbaiki tata bahasa dan ejaan.
  4. Cek kutipan dan ketepatan referensi catatan kaki.

Langkah-langkah Meresensi Buku

Berikut ini adalah langkah-langkah praktis yang dapat Anda gunakan untuk membuat resensi sebuah buku.

1. Melakukan penjajakan atau pengenalan buku yang diresensi, meliputi:

  • Tema buku yang diresensi, serta deskripsi buku.
  • Siapa penerbit yang menerbitkan buku itu, kapan dan di mana diterbitkan, tebal (jumlah bab dan halaman), format hingga harga.
  • Siapa pengarangnya: nama, latar belakang pendidikan, reputasi dan presentasi buku atau karya apa saja yang ditulis sampai alasan mengapa ia menulis buku itu.
  • Penggolongan / bidang kajian buku itu: ekonomi, teknik, politik, pendidikan, psikologi, sosiologi, filsafat, bahasa, sastra, atau lainnya.

2. Membaca buku yang akan diresensi secara menyeluruh, cermat, dan teliti. Peta permasalahan dalam buku itu perlu dipahami dengan tepat dan akurat.

3. Menandai bagian-bagian buku yang memerlukan perhatian khusus dan menentukan bagian-bagian yang akan dikutip sebagai data acuan.

4. Membuat sinopsis atau intisari dari buku yang akan diresensi.

5. Menentukan sikap atau penilaian terhadap hal-hal berikut ini:

  • Organisasi atau kerangka penulisan; bagaimana hubungan antar bagian satu dengan lainnya, bagaimana sistematika, dan dinamikanya.
  • Isi pernyataan; bagaimana bobot idenya, seberapa kuat analisanya, bagaimana kelengkapan penyajian datanya, dan bagaimana kreativitas pemikirannya.
  • Bahasa; bagaimana ejaan yang disempurnakan diterapkan, bagaimana penggunaan kalimat dan ketepatan pilihan kata di dalamnya, terutama untuk buku-buku ilmiah.
  • Aspek teknis; bagaimana tata letak, bagaimana tata wajah, bagaimana kerapian dan kebersihan, dan kualitas cetakannya (apakah ada banyak salah cetak).
  • Sebelum melakukan penilaian, alangkah baiknya jika terlebih dahulu dibuat semacam garis besar (outline) dari resensi itu. Outline ini akan sangat membantu kita ketika menulis.

6. Mengoreksi dan merevisi hasil resensi dengan menggunakan dasar- dasar dan kriteria-kriteria yang telah kita tentukan sebelumnya.

Disarikan dari:

1. http://library.queensu.ca/inforef/bookrev/write_review.htm

2. DR. A.M. Slamet Soewandi, Dasar-dasar Meresensi Buku, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta Tahun : 1997

3 Responses to “Menulis Resensi”

  1. buat emak,ma babe aye dah bisa buka internet nih.. ini semua berkat do`a emak ama babe.buat mak ma babe aye sayang ma kalian.

  2. lebih lagi donk, gua penulois baru.tips fiksi yg paten apa?

  3. tanks atas tulisannya buat potlot penting banget cz mu bljsr bt resensi buku…………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: